Pengendalian diri

Setelah hampir satu bulan Umat Islam Puasa seharusnya umat muslim harus lebih baik dari tahun sebelumnya, baik dalam ibadah maupun akhlaknya. Karena dalam bulan puasa merupakan saat menempa dan melatih pengendalian diri sehingga mampu mengendalikan nafsu duniawinya atau ego pribadinya.

Disamping pembelajaran pengendalian diri puasa juga mendidik kita untuk jujur, sabar, meingkatkan ibadah serta Perasaan peka dengan lingkungan. jadi puasa merupakan bagian dari proses membentuk manusia yang sempurna, puncaknya adalah predikat taqwa terhadap Sang Pencipta, Predikat yang tinggi dalam agama.

Dalam hubungan bermasyarakat manusia yang sanggup menghadirkan perasaan serta jiwa dengan Allah, ia membangun kesadaran dan toleransi dalam semua situasi. Pikiran, sikap maupun perilaku di mana pun dan kapan pun senantiasa terkontrol oleh kesadaran dirinya akan kehadiran sang pencipta. Sedangkan manusia takwa yakni mampu memainkan fungsi-fungsi kekhalifahannya melalui proses hubungan sosial yang diperankannya. Sehingga terwujudlah tatanan masyarakat madani yang di idamkan.

Tidak adalagi permusuhan, rasa takut. yang ada hanya kedamaian dan kebersamaan dalam menjalani kehidupan.

No comments: